Minggu, 22 Mei 2011

PEONY bunga asal cina

Lama ga posting nih...
Kemaren-kemaren habis baca novel yin galema karyanya Ian Sachin, jadi pengen tau gimana bentuk bunga satu ini...peoni. Sebenarnya ga sekarang aja sih dengernya, dulu pas lagi baca comik juga ada tentangbunga peoni ini, tapi karna terhalang daya dan upaya (keterbatasan informasi, maklum dulu kan ga ada modem....hehe...)


Bunga peoni melambangkan sifat pemalu...
Dalan novel Yin Galema ada kutipan yang sedikit manggambarkan tentang bunga peoni.


Seperti ini,


             Kami tak masuk ke gazebo, tapi bersembunyi di balik rumpun peoni yang rimbun. Pohin perdu setinggi satu meter ini sedang berbunga merah selebar telapak tangan orang dewasa dan wanginya membungkam bau keringat kami yang tengah meruap.


Kalau begini, bisa dipastikan bunga peoni itu wangi.
ini peoni pink

peoni putih....
bagusnya....

Nah sekarang menurut om google gini...kita tilik dari segi ilmu pengetahuannya...
[mang yang di atas segi apa gitu? hehe...:)]
            Peony (Paeonia) adalah genus tunggal untuk tanaman hias yang tergolong keluarga Paeoniaceae. Tanaman peony merupakan tanaman rempah yang tergolong tumbuhan tahunan (perenial). Tinggi mulai dari 50 cm hingga 1,5 meter. Tinggi tanaman yang merupakan tumbuhan semak dapat mencapai 2-3 meter. Tanaman berbunga di akhir musim semi sampai awal musim panas. Bunga peony ada yang berbau harum, warnanya bisa merah, merah tua, putih, merah jambu, kuning, atau ungu.
           Tanaman peony berasal dari TiongkokEropa selatan dan Amerika Utara bagian barat. Bunga peony adalah bunga negara bagian IndianaAmerika Serikat.







Manfaat Bunga Peoni
        Selain bunganya yang indah dipandang, bagian akar Peony Tiongkok (Paeonia lactiflora) sering digunakan di dalam pengobatan tradisional Tiongkok untuk penghilang rasa sakit, penurun panas, dan pencegah infeksi.
        Bunga peony merupakan salah satu bunga yang paling sering digunakan dalam bidang seni ornamen. Sejak zaman dulu, gambar-gambar bunga peony sering ditemukan pada berbagai macam keramik dan lukisan-lukisan di Tiongkok. Kota Luoyang di provinsi Henan terkenal sebagai pusat pembibitan bunga peony. Di Jepang, taman-taman dengan spesialiasi bunga peony terletak di Prefektur Shimane.







mungkin ini peoni yang ada di cerita Yin Galema


peonia suffruticosa


ni yang ungu

ni rangkaian bunga peoni putih

peoni putih

white peony
Kamu suka yang mana?
kalo qon mah kayaknya suka semuanya deh...
1. PinkPpeony
    keliatannya manis, lembut, bersahaja and meninggalkan kesan cute.
2. White Peony
    anggun, polos tapi pas tengahnya (putik ama benang sarinya kayaknya warna pink tua deh)
3. Purpple Peony
    anggun, kesannya kuat, menarik perhatian...gampang buat peoni ungu ini menarik perhatian orang, warnanya yang kuat melambangkan betapa kukuhnya bunga peoni ini...(lebay ga sih?)
4. Yellow Peony
    ngejreng...kontras sama peoni lain, warnanya lebih terang dan lebih berani...
    kesannya lebih kuat ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tinggalkan pesan saat kamu baca ya >_<"